JURUSAN BIOLOGI FMIPA

UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Get Adobe Flash player

SEMNAS BIOEXO 2017

Foto BPH SEMNAS BIOEXO 2017


A. PENDAHULUAN
Biodiversitas dapat diartikan sebagai keanekaragaman makhluk hidup di berbagai kawasan di muka bumi, baik di daratan, lautan, maupun tempat lainnya. Keanekaragaman makhluk hidup ini merupakan kekayaan bumi yang meliputi hewan, tumbuhan, mikroorganisme dan semua gen yang terkandung di dalamnya, serta ekosistem yang dibangunnya.

Dalam masalah biodiversitas, Indonesia adalah negara yang tidak dapat ditinggalkan. Indonesia sangat kaya biodiversitas, baik di daratan maupun di lautan. Hal ini berdampak pada rangking Indonesia sebagai negara utama penyumbang biodiversitas terbesar karena merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang kaya faktor biotik dan abiotiknya sehingga biodeversitasnya lebih beragam dan besar. Sebagai negara dengan biodiversitas terbesar, hendaknya seluruh penduduk bangsa mampu melestarikan kekayaan dan menjaga lingkungan guna menjaga biodiversitas bangsa terutama pada generasi muda. Namun kenyataannya, pada masa sekarang generasi muda sebagai penerus bangsa tidak lagi peduli dan cinta akan lingkungan bahkan mengeksploitasi lingkungan secara berlebih-lebihan sehingga menurunnya kualitas dan kekayaan biodiversitas bangsa.

Peningkatan kepedulian generasi muda terhadap lingkungannya guna menjaga dan menyelamatkan biodiversitas bangsa Indonesia dapat dilakukan dengan pelatihan-pelatihan seperti seminar maupun workshop. Disini pelatihan bagi generasi muda melalui pendidikan berwawasan lingkungan sangat memiliki makna dan fungsi strategis guna menimbulkan kepedulian dan cinta terhadap lingkungan hidup untuk penyelamatan biodiversitas bangsa oleh generasi muda menuju arah lebih baik lagi kedepannya.

Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi di bawah naungan Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Padang mengadakan suatu rangkaian kegiatan yang didasari oleh keinginan untuk menimbulkan rasa cinta dan peduli berbagai kalangan terutama generasi muda terhadap biodiversitas bangsa melalui kegiatan yang bernuansa pendidikan berwawasan lingkungan. Tujuan akhirnya adalah dapat menjadikan generasi muda yang cinta dan peduli terhadap lingkungannya untuk menyelamatkan biodiversitas bangsa Indonesia agar lebih baik lagi kedepannya.

B. Nama dan Tema Kegiatan

Rangkaian kegiatan ini diberi nama “Seminar Nasional dan Biology Exhibition and Olympiad” (SEMNAS &BIO-EXO) 2017 se-Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Bengkulu ” dengan kegiatan:

1.Seminar Nasional yang di Paralelkan (Tema: “Menjadikan Generasi Muda Peduli dan Cinta Lingkungan Melalui Pendidikan Berwawasan Lingkungan Hidup untuk Penyelamatan Biodiversitas Indonesia”);

2.Olimpiade Biologi tingkat SMP/MTs dan SMA/MA;

3.Biology Exhibition (Open Laboratory);

4.Biology in Frame (Tema: Action for Biology);

5.Komik Biologi (Tema: Biodiversity is Life);

6.Biologi Expo.

Tema acara SEMNAS & BIO-EXO 2017 ini adalah “Young Generation: Save Our Biodiversity”. Berdasarkan tema umum tersebut ada subtema masing-masing kegiatan Sebagai berikut:

1.Mewujudkan generasi muda peduli dan cinta lingkungan untuk penyelamatan biodiversitas Indonesia.

2.Seminar dan pelatihan berbagai cara penyelamatan biodiversitas bangsa guna terjaganya keanekaragaman makhluk hidup melalui kegiatan pendidikan berwawasan lingkungan.

3.Pegenalan laboratorium Biologi yang menggambarkan bagaimana keragaman makhluk hidup yang hendaknya dijaga dan dilindungi guna terjaganya biodiversitas Indonesia.

4.Biology In Frame dan (Tema: Action for Biology) dan

5.Komik Biologi (Tema: Biodiversity is Life) sebagai penggambaran kayanya Biodiversitas bangsa yang seharusnya di jaga dan dilindungi.

C.Tujuan

Adapun tujuan dari diadakannya rangkaian kegiatan SEMNAS &BIOEXO 2017 Tingkat Nasional antara lain:

1.Seminar Nasional yang di Paralelkan (Tema: “Menjadikan Generasi Muda Peduli dan Cinta Lingkungan Melalui Pendidikan Berwawasan Lingkungan Hidup untuk Penyelamatan Biodiversitas Indonesia”)

a.Memberikan wawasan kepada mahasiswa, guru, dan masyarakat umum tentang pentingnya kepedulian terhadap lingkungan guna menyelamatkan biodiversitas bangsa dan menciptakan tokoh pendidikan yang bermutu dalam memberikan pendidikan berwawasan lingkungan,
b.Memberikan motivasi kepada mahasiswa, guru, dan masyarakat umum untuk bersama-sama bersatu padu dalam menjaga kekayaan hayati dan keanegaragaman makluk hidup,
c.Memberikan penekanan tentang fungsi strategis guru sebagai tenaga pendidik yang akan mencetak generasi muda dalam mewujudkan pendidikan Indonesia yang peduli dan cinta lingkungan dalam penyelamatan biodiversitas bangsa,
d.Mengajak mahasiswa, guru, dan masyarakat umum untuk lebih memperhatikan lingkungan, keanekaragaman makhluk hidup, tidak mengeksploitasi kekayaan alam secara berlebih-lebihan sehingga terjaganya biodiversitas bangsa Indonesia.

2.Olimpiade Biologi Tingkat SMP/MTs dan SMA/MA

a.Untuk melatih kemampuan nalar siswa dalam menyelesaikan masalah biologi.
b.Untuk memberikan kontribusi dalam rangka mencetak tokoh pendidikan Indonesia yang bermutu dan peduli terhadap lingkungan.
c.Untuk menumbuhkan budaya kompetitif di kalangan siswa dan guru.
d.Untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi Olimpiade biologi tingkat nasional maupun tingkat internasional mendatang.

3.Biology Exhibition (Open Laboratory)

a.Untuk memperkenalkan lingkungan kerja laboratorium biologi FMIPA UNP kepada siswa SMP/MTs dan SMA/MA.
b.Untuk memberikan wawasan mengenai peralatan dan bahan yang dipergunakan dalam aktivitas di laboratorium biologi FMIPA UNP.

4.Biology in Frame (Tema: “Action for Biology”)

a.Untuk memperkenalkan alam indonesia yang begitu indah dan kaya akan keanekaragaman makhluk hidupnya.
b.Untuk menunjukkan bagaimana cara menjaga lingkungan dan kembali ke lingkungan.

5.Komik Biologi (Tema: “Biodiversity is Life”)

a.Untuk meningkatkan kreatifitas siswa SMP/MTs dan SMA/MA tentang keanekaragam hayati laut.
b.Untuk meningkatkan kepedulian terhadap keanekaragaman hayati laut, sebab laut merupakan sumber kehidupan terbesar manusia.

6.BIO Expo

a.Untuk memperkenalkan hasil kreatifitas mahasiswa biologi bidang kewirausahaan dalam pengolahan bahan alam yang dapat diolah menjadi makanan, barang berguna dan olahan lainnya guna pemanfaatan sumber daya alam yang tersedia.
b.Untuk memperdayakan hasil penelitian lulusan dari jurusan biologi yang hasil akhir penelitiannya berupa produk yang dapat dimanfaatkan kedepannya untuk dunia pendidikan.

D. Waktu dan Tempat  Pelaksanaan

Hari, Tanggal      : 18-26 Februari 2017
Pukul                  : 09.00-16.00 WIB

Tempat               : Gedung Perkuliahan Fakultas Matematika dan Ilmu  Pengetahuan    UNP, Gedung Teater Tertutup Fakultas Bahasa dan Seni

UNP, Gedung Olahraga Universitas Negeri Padang dan Laboratorium Biologi UNP.

D. Jadwal Pelaksanaan Kegiatan

Jenis Kegiatan

Hari

Pukul

Rincian Kegiatan

Tempat

Olimpiade

Sabtu/

18 Februari 2017

10.00-12.00

Babak Penyisihan SMP/MTs

Gedung Olahraga UNP dan Gedung Perkuliahan FMIPA UNP

13.30-15.30

Babak Penyisihan SMA/MA

Sabtu/

25 Februari 2017

09.00–selesai

Semifinal SMP/MTs

Semifinal SMA/MA

Minggu/

26 Februari 2017

09.00 – selesai

Final SMP/MTs

Final SMA/MA

Seminar Nasional yang di paralelkan (Tema: “Menjadikan Generasi Muda Peduli dan Cinta Lingkungan Melalui Pendidikan Berwawasan Lingkungan Hidup untuk Penyelamatan Biodiversitas Indonesia”)

Sabtu/

18 Februari 2017

08.00-09.00

Pembukaan

LPMP UNP

09.00-10.30

Pemateri I

10.30-12.00

Pemateri II

13.30-16.00

Seminar paralel

Biology Exhibition (Open Laboratory)

Sabtu/

18 Februari 2017

09.00-12.00

SMA/Ma

Lab Biologi UNP

13.00-16.00

SMP/MTs

Biology in Frame (Tema: “Action for Biology”)

Senin/01 Desember 2016- akhir Januari

Mengirimkan foto lewat email dan media sosial (fb dan instagram) yang berkaitan dengan aksi untuk alam.

Halaman Lab. Biologi UNP

Komik Biologi (Tema: “Biodiversity is Life”)

Senin/01 Desember 2016- akhir Januari

Mengirimkan bacaan lewat email dan media sosial (fb dan instagram) yang berkaitan dengan laut.

Halaman Lab. Biologi UNP

Biologi Expo

Sabtu/

18 Februari 2017

08:00- selesai

Halaman Lab. Biologi UNP

 

F. Peserta

1.Olimpiade Biologi Tingkat SMP/MTs dan SMA/MA
a.Siswa/i SMP/MTs se-Sumatera Barat, Riau Jambi dan Bengkulu
b.Siswa/i SMA/MA se-Sumatera Barat, Riau Jambi dan Bengkulu

2.Biology Exhibition
a.Siswa/i SMP/MTs se-Sumatera Barat, Riau Jambi dan Bengkulu
b.Siswa/i SMA/MA se-Sumatera Barat, Riau Jambi dan Bengkulu

3.Seminar Nasional yang di Paralelkan (Tema: “Menjadikan Generasi Muda Peduli dan Cinta Lingkungan Melalui Pendidikan Berwawasan Lingkungan Hidup untuk Penyelamatan Biodiversitas Indonesia”)
a.Mahasiswa
b.Guru/Umum

4.Biology in Frame (Tema: “Action for Biology”)

a. Siswa/i SMP/MTs se-Sumatera Barat, Riau Jambi dan Bengkulu

b. Siswa/i SMA/MA se-Sumatera Barat, Riau Jambi dan Bengkulu

c. Mahasiswa

d. Guru/umum

5.Komik Biologi (Tema: “Biodiversity is Life”)

a. Siswa/i SMP/MTs se-Sumatera Barat, Riau Jambi dan Bengkulu

b. Siswa/i SMA/MA se-Sumatera Barat, Riau Jambi dan Bengkulu

c. Mahasiswa

d. Guru/umum

Kegiatan SEMNAS & BIO EXO 2017 ini diharapkan dapat diikuti oleh 2.000 orang peserta olimpiade biologi dan open laboratory, 350 orang mahasiswa dan umum serta 150 orang guru untuk peserta seminar yang di paralelkan, 500 Siswa/i SMP/MTs dan SMA/MA se-Sumatera Barat, Riau Jambi dan Bengkulu, umum dan mahasiswa untuk lomba Biology in Frame dan Komik Biologi. Sehingga jumlah seluruhnya adalah 3.000 orang.

G.Biaya Kegiatan

Biaya untuk kegiatan SEMNAS & BIO EXO 2017 ini diperoleh dari konstribusi peserta, bantuan Universitas dan bantuan sponsor dengan rincian terlampir.

 

Hak Cipta © Universitas Negeri Padang 2011-2014, Semua hak dilindungi.  

Alamat: Jln. Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang Provinsi  Sumatera Barat | Indonesia

Tampilan Responsive untuk dekstop, tablet dan SmartPhone, Support untuk browser Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera, Goolge Chrome, dan Safari


Temukan Kami disini: